Skip to main content

Usaha Repacking

Usaha makanan ringan alias camilan ternyata menarik untuk digeluti. Orderan yang berdatangan dari berbagai penjuru menyebabkan usaha ini dapat menjadi ladang penghasilan. Salah satu bentuk usaha makanan ringan yaitu bisnis repacking.
Mengkonsumsi makanan ringan memang mengasyikkan. Selain dapat mengganjal perut, ngemil juga menjadikan semua kegiatan tambah mengasyikkan. Ditambah lagi, mengemil dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Anda bisa mengkonsumsi makanan ringan yang sedap sebagai teman menonton tv, teater, bahkan saat bekerja sekalipun.
Bagi banyak orang, memakan makanan ringan sudah seperti hobi dan menjadi kebiasaan yang susah mereka tinggalkan. Itulah sebabnya bisn

ana, bahkan telah masuk ke gedung-gedung perkantoran. Produk yang dijual pun beragam, mungkin sampai ratusan jenis dan beraneka rasa: mulai dari keripik, kerupuk, kue kering, sampai kacang-kacangan.
Karena mempunyai banyak peminat, menyebabkan semua bisnis yang menjadikan makanan ringan sebagai produknya memiliki potensi yang bagus ke depannya. Salah satu usaha camilan yang memiliki potensi tersebut yaitu usaha repacking snack.
Berbagai macam repacking makanan ringan dengan puluhan merek saat ini memenuhi pasar. Sebenarnya, produk snack yang digunakan merupakan produksi industri rumah tangga. Nah, oleh para pengusaha repacking camilan, camilan dari industri rumah tangga itu kemudian dibungkus ulang dengan berbagai macam merek.
Di bawah ini beberapa tips supaya Anda dapat sukses di usaha repacking:
Mempunyai Penyuplai Tetap
Memulai bisnis repacking makanan ringan tidak susah. Yang pasti, jika mau menjajal usaha ini, Anda mesti punya pemasok tetap sehingga Anda tak perlu susah membeli snack sendiri.
Ruslan, salah satu pengusaha repacking camilan, mengatakan bahwa ia membeli snack langsung dari produsen di Jakarta dan Jawa Barat. Tiap dua hari sekali, dia mengulak camilan sejumlah 100 bal sampai 200 bal.
Makanan ringan itu kemudian dikemas ulang menjadi kurang lebih 6.000 bungkus dan diberi merek Kremez. Camilan yang selesai dikemas ini habis terjual dalam dua hari. Snack Kremez dipasarkan dengan harga eceran Rp 3.000 tiap bungkus. Sementara itu, harga untuk distributor dan agen Rp 2.000 sampai Rp 2.500 per bungkus.
Selain itu, Ruslan menceritakan bahwa dia tidak bisa berbelanja makanan ringan lebih dari 200 bal karena snack tidak dapat disimpan terlalu lama. Ruslan menganjurkan sebaiknya camilan disimpan di tempat sejuk.” Supaya tak mudah rusak,” ujar dia.
Memperbanyak Jenis Produk
Untuk menarik minat pembeli, variasi camilan punya peran krusial. Ruslan menyarankan, sebaiknya variasi camilan dibuat sebanyak-banyaknya. “Pasar camilan yang besar tak akan berarti bila Anda tak kreatif menjual snack yang memiliki perbedaan jenis dan rasa,” ujar Ruslan.
Menurut Ruslan, makanan ringan yang bervariasi membuat konsumen lebih leluasa menentukan pilihan. Rasa penasaran pembeli akan tergugah untuk mencoba makanan ringan Anda satu demi satu. Pada saat ini Ruslan sudah memiliki variasi makanan ringan sampai 200 item.

Sumber : https://ramesia.com/contoh-usaha-repacking/

Cara Mudah Membuat Tepung Goreng yang Lezat dan Bergizi


Menurut pendapat Djoni Wibowo (2012), Tepung merupakan partikel padat yang memiliki bentuk berupa butiran-butiran halus malahan sangat halus tergantung pada pemakaiannya. Tepung umumnya digunakan untuk bahan baku sektor industri, keperluan penelitian, bisa juga digunakan dalam kebutuhan industri rumahan, misalnya membuat kue dan roti.

Tepung dibuat dari aneka jenis bahan nabati, seperti dari bangsa tanaman padi, umbi-umbian, akar-akaran, atau sayur-sayuran yang memiliki pati. Contoh tepung nabati yaitu tepung terigu yang asalnya dari gandum, tepung tapioka yang sumbernya dari singkong, tepung maizena yang asalnya dari jagung, tepung ketan yang asalnya dari beras ketan. Tepung juga bisa dibuat dari berbagai bahan hewani, seperti tepung ikan dan tepung tulang.

Menurut The Culinary Institute of America (2011) menyatakan bahwa Tepung adalah perpaduan dari lemak padat yang dingin dan air yang sangat dingin yang merupakan bahan dasar dari sebagian besar produk adonan.

Simpulan dari dua sumber di atas dapat disimpulkan bahwa tepung merupakan komposisi dasar pada produk roti dan pastry. Sebagian besar tepung berasal dari bahan nabati, seperti tanaman umbi ataupun biji bijian. Ketika membuat adonan, tepung berperan untuk membentuk tekstur, menambah cita rasa, mengikat bahan yang lain dan mendistribusikannya secara rata.

Itu tadi sekilas pengetahuan tentang tepung secara umum. Tepung umumnya kebanyakan digunakan sebagai bahan baku kue dan makanan, utamanya tepung terigu.

Baca juga  Cara Membuat Sari Buah yang Nikmat
Terdapat banyak macam tepung yang bisa Anda temukan di pasar, bukan hanya tepung untuk bahan dasar kue dan makanan saja, tapi ada juga tepung yang digunakan untuk makanan hewan peliharaan atau pupuk tanaman.

Adapun cara membuat tepung bisa Anda lakukan dengan begitu mudah. Bahan yang akan dipakai sebagai bahan dasar tepung tentu harus yang memiliki kualitas bagus supaya tepung yang dihasilkan juga bagus.

Untuk melihat keunggulan bahan baku tepung dengan akurat memang harus dilakukan beberapa riset di laboratorium. Sebagai patokan Anda bisa mengetahui bobot bahan dasar tepung yang akan digunakan dengan memegang atau memotongnya.

Tahapan awal yang harus dikerjakan untuk membuat tepung yaitu membersihkan bahan dasar tepungnya. Pastikan bahan dasar tepung tidak menyimpan racun yang berbahaya. Bahan dasar tepung bisa direndam menggunakan air yang bersih terlebih dahulu barulah dikeringkan.

Lamanya waktu perendaman dapat disesuaikan dengan keperluan bahan baku. Seandainya tahap perendaman bahan dasar tepung memerlukan periode yang lama, berarti air yang digunakan mesti diganti setiap 12 jam sekali.

Bahan dasar tepung dijemur sampai benar-benar kering dengan kadar air kurang lebih 10%. Setelah dikeringkan, tahapan berikutnya yaitu tahap penggilingan bahan baku tepung.

Tahap penggilingan bahan dasar tepung dapat Anda lakukan secara sederhana dengan menumbuknya menggunakan alu dan lumping atau memakai mesin penepung dari Ramesia. Dengan memakai alat penggiling tepung dari Ramesia, tepung yang didapatkan akan sangat lembut dan tidak memerlukan waktu yang lama.

Kami menyuplai banyak mesin penepung untuk bahan pangan kering dengan menggunakan disk mill dengan motor penggerak listrik pada alat penepung.

Cara memakai mesin penepung dari Ramesia cukup mudah, Anda hanya perlu menyambungkan kabel power dengan sumber listrik, lalu masukkan bahan baku tepung yang diinginkan ke dalam alat penepung.



Comments

Popular posts from this blog

Mengetahui Berbagai Manfaat Kopi Arab Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat kopi arab ternyata mempunyai sejumlah kandungan zat gizi yang baik bagi tubuh, bahkan diklaim jadi salah satu obat untuk kanker. Apakah benar? Ekstrak biji kopi tersebutlah yang diproses menjadi bubuk kopi yang kadang Anda minum. Biasanya kopi menjadi pelengkap dikala mengawali kegiatan dipagi hari. Hidangan berwarna hitam pekat ini memberikan cita rasa yang unik, tidak heran banyak sekali orang yang memilihnya menjadi minuman favorit. Di Indonesia sendiri terdapat di daerah-daerah tertentu, meminum kopi dijadikan sebuah tradisi yang unik. Perlu untuk diketahui, kebiasaan meminum kopi diselingi makan bisa berdampak baik bagi kesehatan. Beberapa manfaat kopi arab untuk tubuh adalah sebagai berikut. Riboflavin (Vitamin B2): 11% dari AKG. Asam pantotenat (vitamin B5): 6% dari AKG. Mangan dan Kalium: 3% dari AKG. Magnesium dan Niacin (B3): 2% dari AKG. Manfaat Kopi Arab Bagi Kesehatan Banyak masyarakat yang tergila-gila kenikmatan secangkir kopi, namun dibalik nikmatnya

Bisnis Sayuran, Tampak Sederhana

Sayur Mayur menjadi kebutuhan untuk menunjang kelangsungan hidup setiap keluarga. Sayuran digunakan untuk bahan masakan hampir setiap hari. Sayur Mayur memang telah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat di Indonesia dan permintaan pasar akan sayuran sangat tinggi setiap harinya. Sayuran memiliki banyak jenis dan sangat nikmat apabila diolah menjadi masakan pada saat makan. Sayur Mayur memiliki banyak sekali kandungan gizi dan tentunya baik untuk kesehatan tubuh. Alasan inilah yang membuat permintaan akan sayur mayur semakin meningkat. Tentunya sudah terlihat apabila peluang bisnis sayuran ini sangat bagus untuk dijalankan, melihat banyaknya permintaan sayur mayur. Bisnis sayur mayur ini pun bisa menjadi bisnis sampingan dengan menggunakan modal kecil dalam memulainya. Jika tempat Anda letaknya jauh dari pasar daerah dan adanya banyak ibu-ibu yang malas belanja ke pasar, hal ini bisa menjadi peluang bagus untuk memulai bisnis sayuran. Anda bisa menyediakan keperluan ibu rumah ta

Cara Memotong Daging Sukiyaki Yang Benar

Hal apa yang pertama melintas dalam benak Anda saat mendengar kata daging? Apa Anda memikirkan sebuah mangkuk yang terisi penuh daging ditambah rempah-rempah lezat di atasnya, atau memikirkan tentang sebuah sajian khas dari kota Padang, atau Anda malah memikirkan tentang makanan daging dengan tekstur keras dan cukup sulit untuk dikunyah? Saat ini terdapat banyak penjual makanan siap saji yang menawarkan banyak varian hidangan yang diolah dari daging. Umumnya mereka memakai bermacam-macam varian daging, seperti: daging sukiyaki, daging kambing, daging ayam, ataupun daging sapi. Memasak masakan berjenis daging memang masuk kategori sederhana. Walaupun demikian, Anda sebaiknya tidak sembarangan dalam mengolah daging. Banyak hal yang harus dipersiapkan, seperti: cara pemilihan bagian daging, cara pemotongan daging, cara pembumbuan daging, hingga cara menyajikan daging. Kesemua hal di atas amat diperlukan dalam membuat daging. Apalagi mengenai hal pemotongan daging, dikarenakan