Skip to main content

Tips dan Cara Sukses Memulai Bisnis Kopitiam

Kopi adalah jenis minuman yang banyak digemari banyak kalangan baik dari anak muda, orang dewasa hingga orang tua. minuman kopi yang enak dan top betul-betul cocok dinikmati saat kapanpun. Meminum kopi sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia sejak dulu hingga sekarang. Ngopi sendiri ramai dilaksanakan masyarakat di dini hari, siang hari dan pada malam hari yang biasanya kondisi yang tepat untuk meminum kopi.

Sudah tak asing lagi, budaya ngopi ini telah mendarah daging bagi masyarakat mulai dari kalangan ekonomi kecil sampai ekonomi atas. Semua kalangan masyarakat sungguh banyak yang gemar kopi, sehingga seperti akan ada yang aneh jika meninggalkan waktu untuk menikmati kopi.

Kopi sendiri adalah tipe minuman yang dibuat dari pengolahan biji kopi. Biji kopi itu didapat dari pohon kopi yang sudah siap dan tua yang setelah itu dikupas lalu dijemur terlebih dahulu. Setelah tahapan pengeringan berlanjut ke tahapan pegongsengan kopi yang bertujuan untuk menghasilkan rasa dan aroma kopi yang lebih lezat. Cara ini dilakukan dengan menggoreng kopi tanpa memakai minyak, setelah fase menggoreng selesai biji kopi dapat digiling supaya menghasilkan bubuk kopi yang halus dan sempurna. Bubuk kopi inilah yang nantinya untuk dibuat menjadi minuman yang enak.

Negara Indonesia merupakan negara yang menghasilkan kopi dengan jumlah paling besar di dunia. Oleh karena itu tak asing bila kopi dari Indonesia telah dikenal sampai mendunia. Salah satu jenis kopi yang memiliki rangking nomor satu dengan kualitas terbaik dan terunggulnya adalah jenis kopi luwak. Kopi ini didapat dari kotoran hewan luwak yang diperdagangkan dengan nominal harga paling tinggi.

Ramainya pecinta kopi di Indonesia dapat menciptakan sebuah peluang bisnis kopitiam yang menguntungkan serta menjanjikan. Produk yang jadi target serta hobi masyarakat pasti akan meraih income usaha yang bagus bagi pelaku bisnis kopitiam. Dalam masyarakat sendiri telah ramai beterbaran para pelaku bisnis kopitiam dari warung kopi sederhana hingga kedai kopi modern. bisnis kopitiam ini ramai didatangi para pengunjung yang ingin nongkrong atau bercengkerama dengan sahabat, saudara, pacar dan lainnya sambil ditemani secangkir kopi. Warung kopi merupakan tongkrongan yang strategis dengan pengunjung kopi dari waktu ke waktu tidak ada kendala cuaca panas maupun hujan. Hal inilah yang membuat ramai pelaku bisnis kopitiam yang menjadi keberhasilan dengan omzet penjualan yang tinggi.

Baca juga  Memahami Elemen, Desain, dan Model Struktur Organisasi dalam Perusahaan
Terpana untuk mengeluti bisnis kopitiam yang menggiurkan? Kesempatan berbisnis kopitiam memang masih terbuka lebar untuk siapa saja yang ingin menekuni langsung dalam usaha tersebut. Bisnis ini mudah dikerjakan tidak wajib memiliki keahlian tertentu dalam menjalankannya. Meracik kopi tentulah tidak rumit dan susah semisal mengolah olahan bumbu makanan kuliner. Dengan kemudahan proses pengolahan kopi yang gampang menjadi daya tarik tersendiri untuk sejumlah orang untuk menekuni bisnis kopitiam.

Menyeduh kopi sendiri memiliki trik yang praktis dan umum yaitu dengan memberikan gula dan kopi kemudian ditambah dengan air hangat, kopipun sudah jadi. Trik simpel Menyeduh kopi juga banyaknya penggemar atau pelanggan kopi di negeri ini menjadikan bisnis kopitiam peluang suatu usaha yang menguntungkan. Lalu bagaimana langkah memulai atau menjalankan bisnis kopitiam ? Untuk menguasai bisnis kopitiam ini Anda bisa menyimak hal-­hal di bawah ini:

Mengawali Bisnis Kopitiam
Sedikitnya ada beberapa poin yang wajib Anda siapkan untuk mengawali usaha ini. Pahami baik-baik dengan fokus.

Sasaran Konsumen
Anda wajib memikirkan masak-masak siapa sasaran pelanggan Anda. Siapakah yang nantinya menjadi pelanggan utama bisnis kopitiam Anda. Berapa penghasilannya. Seperti apa mereka menganggap cita rasa suatu kopi. Golongan apakah mereka? Pelajar, pekerja pasar, kaum kapitalis, pekerja kantoran, atau para penikmat kopi?

Memahami sikap konsumen dapat membantu memetakan teknik berikutnya. Misalnya lokasi yang cocok, bentuk kode yang tepat, dan tarif yang sesuai untuk kopi Anda. Jika modal Anda kecil dan menyasar pelanggan golongan menengah ke atas. Carilah sahabat atau partner bisnis yang mau membiayai bisnis Anda.

Langkah termudah menemukan investor adalah mengajukan sertifikat tanah atau BPKB kita ke Bank. Akan tetapi ada langkah lain yang lebih mudah dan hemat. Berusahalah untuk ikut serta acara-acara kewirausahaan yang diadakan oleh berbagai lembaga. Misalnya Wirausaha muda mandiri. Jika menang, Anda akan memperoleh pembiayaan secara gratis.

Sumber : https://ramesia.com/bisnis-kopitiam/
https://ramesia.com/

Comments

Popular posts from this blog

Bisnis Sayuran, Tampak Sederhana

Sayur Mayur menjadi kebutuhan untuk menunjang kelangsungan hidup setiap keluarga. Sayuran digunakan untuk bahan masakan hampir setiap hari. Sayur Mayur memang telah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat di Indonesia dan permintaan pasar akan sayuran sangat tinggi setiap harinya. Sayuran memiliki banyak jenis dan sangat nikmat apabila diolah menjadi masakan pada saat makan. Sayur Mayur memiliki banyak sekali kandungan gizi dan tentunya baik untuk kesehatan tubuh. Alasan inilah yang membuat permintaan akan sayur mayur semakin meningkat. Tentunya sudah terlihat apabila peluang bisnis sayuran ini sangat bagus untuk dijalankan, melihat banyaknya permintaan sayur mayur. Bisnis sayur mayur ini pun bisa menjadi bisnis sampingan dengan menggunakan modal kecil dalam memulainya. Jika tempat Anda letaknya jauh dari pasar daerah dan adanya banyak ibu-ibu yang malas belanja ke pasar, hal ini bisa menjadi peluang bagus untuk memulai bisnis sayuran. Anda bisa menyediakan keperluan ibu rumah ta

Mengetahui Berbagai Manfaat Kopi Arab Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat kopi arab ternyata mempunyai sejumlah kandungan zat gizi yang baik bagi tubuh, bahkan diklaim jadi salah satu obat untuk kanker. Apakah benar? Ekstrak biji kopi tersebutlah yang diproses menjadi bubuk kopi yang kadang Anda minum. Biasanya kopi menjadi pelengkap dikala mengawali kegiatan dipagi hari. Hidangan berwarna hitam pekat ini memberikan cita rasa yang unik, tidak heran banyak sekali orang yang memilihnya menjadi minuman favorit. Di Indonesia sendiri terdapat di daerah-daerah tertentu, meminum kopi dijadikan sebuah tradisi yang unik. Perlu untuk diketahui, kebiasaan meminum kopi diselingi makan bisa berdampak baik bagi kesehatan. Beberapa manfaat kopi arab untuk tubuh adalah sebagai berikut. Riboflavin (Vitamin B2): 11% dari AKG. Asam pantotenat (vitamin B5): 6% dari AKG. Mangan dan Kalium: 3% dari AKG. Magnesium dan Niacin (B3): 2% dari AKG. Manfaat Kopi Arab Bagi Kesehatan Banyak masyarakat yang tergila-gila kenikmatan secangkir kopi, namun dibalik nikmatnya

Bisnis Resto Steak Lezat

Orang Indonesia adalah salah satu warga yang memiliki minat besar untuk mengkonsumsi steak. Melalui pengaruh silang kebudayaan benua Eropa, steak menjadi menu yang difavoritkan sebab aroma rasa yang sangat lezat. Kuliner Steak umumnya memakai daging sapi yang dipanggang hingga sari-sarinya keluar, ditambah aroma khas saus pedas merah, steak ini semakin menggugah selera. Meski tidak dimakan dengan nasi, steak ialah makanan yang sarat tinggi gizi & sangat mengenyangkan perut. Steak adalah makanan yang sangat kaya akan protein dan lemak yang menjadi sumber power utama. Anda akan tambah kenyang melalui sajian nilai gizi karbohidrat kentang yang senantiasa menyertai steak. Steak masih dianggap sebagai makanan yang kelasnya cukup tinggi, meski banyak yang menawarkannya dengan harga yang murah. Peluang Bisnis Resto Steak Lezat Setiap insan tentunya ingin sekali-kali mencicipi fancy dining dan mengkonsumsi makanan yang mewah luar biasa. Dari sana, Anda pasti sudah paham bahwa konsep b