Skip to main content

Cara Memotong Daging Fillet Secara Mudah

Saat ini terdapat banyak pengusaha makanan yang menawarkan banyak varian panganan olahan dari daging.
Biasanya mereka memakai berbagai macam jenis daging, seperti: daging domba, daging kambing, daging ayam, ataupun daging sapi.

Memasak masakan berjenis daging seringkali masuk kategori sederhana.
Walaupun demikian, Anda tidak bisa asal dalam hal memasak daging.

Banyak hal yang wajib dipersiapkan, mulai dari cara pemilihan jenis daging, cara pengirisan, cara pembumbuan daging, sampai dengan cara menyajikan daging.

Semua faktor di atas amat diperlukan dalam memasak masakan daging.
Terlebih dalam hal memotong daging, dikarenakan hal ini akan banyak menentukan rasa empuk dan tekstur daging saat telah dihindangkan nanti.

Mengiris daging supaya tidak alot membutuhkan metode khusus. Berbeda jenis daging maka beda pula metodenya.

Nah, di ulasan kali ini kami akan menjabarkan kepada Anda, mengenai cara memotong daging fillet supaya lembut dan mudah dimasak.

Artikel kali ini kami sajikan spesial untuk Anda melalui cara mengutip penjelasan koki-koki profesional yang telah memiliki jam terbang yang tinggi dibidangnya.

Kami memilih metode ini guna menyampaikan ulasan pada dasarnya tentang cara memotong daging fillet kepada Anda, dikarenakan mengiris daging cukup lah menggunakan beberapa metode saja.

Berikut adalah penjabaran tentang cara memotong daging fillet supaya empuk dan tidak sulit saat dimasak.

Tips Memotong Daging Ala Ivan Anggri
Ivan Anggri, adalah pengusaha restoran favorit di Jakarta.

Ivan mengatakan, “Yang terpenting mengenai cara memotong daging adalah mengiris daging fillet dengan cara melawan alur urat dari daging tersebut.

Secara umum secara mudah kita akan mengenali serat tanda alur urat. Kemudian cukup kita iris dengan teknik melawan alur urat, tapi ingat tidak mesti sampai diiris melintang.”

Baca juga  Tips Cara Membuat Kopi yang Benar
Ivan menjabarkan, “daging kualitas ekspor pun jikalau salah cara menyayatnya, maka hasilnya akan keras ketika disantap.

Tips Memotong Daging Menurut Vincen Bima
Sementara itu Vincen Bima seorang koki berpangkat Gold di hotel Barinda, memberikan tentang cara mengiris daging fillet.
Bima menerangkan, “Yang paling pertama adalah membersihkan daging dari serat yang menempel di bagian daging. Selanjutnya barulah kita boleh menyayat daging tersebut.”

Vincen Bima “Kemudian, Selaput kasar yang ada pada daging harus dipisahkan. Kemudian sayat menyamping secara melawan terhadap serat dagingnya.”

Vincen menambahkan, “Memotong sealur dengan alur serat akan membuat daging alot ketika selesai dimasak.
Berbeda jika kita menyayat melawan arah dengan serat. saat disantap daging akan terasa lembut karena serat daging akan mudah diurai.”

Sebagai tambahan Bima menjelaskan, “Kebanyakan item daging terbentuk oleh lebih dari satu otot daging. Misalnya tersusun atas lima otot daging.
Oleh karna itu setiap otot mesti dipisahkan satu per satu searah setiap selaput otot. Kemudian daging disayat melintang mengikuti arah jalur serat daging.” ungkap Bima.

Sumber : https://ramesia.com/cara-memotong-daging-fillet/

Cara Membuat Siomai Aci yang Mudah dan Praktis


Sejarah Siomai
Siomai atau somay yaitu salah satu model dim sum. Pada bahasa Mandarin, jajanan ini banyak disebut sebagai shaomai, sementara dalam istilah Kanton disebut siu maai. Pada aksen Beijing, makanan ini juga ditulis sebagai 燒麥, dan juga dieja shaomai. Kulit siomai biasanya dibuat dari bahan yang sama dengan kulit pangsit. Makanan ini kabarnya lahir di kawasan Mongolia Dalam.

Siomay Aci
Siomay ialah jenis kudapan yang memiliki cita rasa yang khas serta bertekstur lembut nan kenyal. Siomay yang familiar di Tanah Air adalah salah satu jenis makanan yang berasal dari tanah pasundan atau lebih terkenal berasal dari kota Bandung sehingga sering disebut dengan somay Bandung.

Makanan khas kota Kembang ini umumnya diolah dari bahan dasar ikan tenggiri atau jenis ikan yang lainnya. Namun, untuk siomay yang akan kami ulas pada kesempatan ini adalah siomay yang berbahan dasar aci hingga acap kali disebut dengan siomay aci. Siomay aci mempunyai rasa yang nggak kalah lezatnya dengan siomay ayam.

Untuk setiap proses pengerjaan dan teknik penyajiannya pun mirip seperti siomay ayam, yakni dihidangkan dengan guyuran sambal kacang yang gurih dan dilengkapi dengan kucuran air jeruk sesuai selera. Setiap orang dapat menikmati jajanan enak yang satu ini termasuk Anda. Siomay aci bisa disajikan sebagai sajian santai namun dapat mengganjal lambung yang lagi lapar.

Agar membuat siomay aci yang lezat cek terlebih dulu bahan yang Anda manfaatkan ialah bahan yang benar-benar segar serta berlabel halal. Dengan memelihara kesegaran bahan yang Anda gunakan, semoga saja Anda bisa mendapatkan berkah dari Sang Pencipta YME.

Bahan-Bahan:

Daging ayam segar yang giling 450 gr
Bawang putih yang sudah goreng kurang lebih 2 sdm
Tepung terigu sebanyak 125 gr
1 helai daun bawang selanjutnya iris tipis
Minyak goreng seperlunya
Sebutir Telur ayam
Bumbu-bumbu yang digiling :
2 siung bawang pth
Penyedap rasa 1 sendok makan
1 sendok teh garam
Merica bubuk 1/2 sendok teh
Gula pasir 1 sdt
Bahan untuk sambal kacang :

kacang tanah yang sudah goreng 250 gr
kemiri 3 biji
daun jeruk 2 lembar
bawang putih 2 siung
air panas seperlunya
cabe merah besar 3 biji
cabe kecil merah 10 biji
gula putih 1 sdm
garam secukupnya
Royko 1/2 sendok teh
bawang merah 3 butir
Baca juga  Trik Sederhana Cara Membuat Capcay Jawa
Cara Membuat Siomay aci:

Siapkan minyak lalu masukkan bumbu yang sudah digiling sampai wangi, angkat.
Aduk semua bahan dasar dalam satu tempat selain tepung dan telur
Haluskan bahan yang dicampur dengan mixer sampai tercampur merata, pindahkan adonan ke dalam wadah lain.
Campurkan tepung dan telur dengan adonan yang sudah dimixer.
Aduk dengan tangan hingga menjadi adonan siomay aci seperti yang diharapkan.
Ambil adonan siomay aci seperlunya serta bentuk sesuai keinginan kemudian kukus sampai matang.
Sambil mendiamkan adonan siomay aci dikukus kita lanjutkan dengan mengolah saosnya dengan cara mencampurkan semua bahan saos.
Giling bumbu saos yang telah dicampur kemudian diamkan sesaat.
Tumis bumbu sambal sampai matang, Angkat kemudian tunggu sampai dingin.
Angkat siomay aci yang telah dikukus dan sajikan di atas piring saji.
Guyur siomay aci dengan sambal kacang dan siap untuk dinikmati.

Comments

Popular posts from this blog

Mengetahui Berbagai Manfaat Kopi Arab Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat kopi arab ternyata mempunyai sejumlah kandungan zat gizi yang baik bagi tubuh, bahkan diklaim jadi salah satu obat untuk kanker. Apakah benar? Ekstrak biji kopi tersebutlah yang diproses menjadi bubuk kopi yang kadang Anda minum. Biasanya kopi menjadi pelengkap dikala mengawali kegiatan dipagi hari. Hidangan berwarna hitam pekat ini memberikan cita rasa yang unik, tidak heran banyak sekali orang yang memilihnya menjadi minuman favorit. Di Indonesia sendiri terdapat di daerah-daerah tertentu, meminum kopi dijadikan sebuah tradisi yang unik. Perlu untuk diketahui, kebiasaan meminum kopi diselingi makan bisa berdampak baik bagi kesehatan. Beberapa manfaat kopi arab untuk tubuh adalah sebagai berikut. Riboflavin (Vitamin B2): 11% dari AKG. Asam pantotenat (vitamin B5): 6% dari AKG. Mangan dan Kalium: 3% dari AKG. Magnesium dan Niacin (B3): 2% dari AKG. Manfaat Kopi Arab Bagi Kesehatan Banyak masyarakat yang tergila-gila kenikmatan secangkir kopi, namun dibalik nikmatnya

Bisnis Sayuran, Tampak Sederhana

Sayur Mayur menjadi kebutuhan untuk menunjang kelangsungan hidup setiap keluarga. Sayuran digunakan untuk bahan masakan hampir setiap hari. Sayur Mayur memang telah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat di Indonesia dan permintaan pasar akan sayuran sangat tinggi setiap harinya. Sayuran memiliki banyak jenis dan sangat nikmat apabila diolah menjadi masakan pada saat makan. Sayur Mayur memiliki banyak sekali kandungan gizi dan tentunya baik untuk kesehatan tubuh. Alasan inilah yang membuat permintaan akan sayur mayur semakin meningkat. Tentunya sudah terlihat apabila peluang bisnis sayuran ini sangat bagus untuk dijalankan, melihat banyaknya permintaan sayur mayur. Bisnis sayur mayur ini pun bisa menjadi bisnis sampingan dengan menggunakan modal kecil dalam memulainya. Jika tempat Anda letaknya jauh dari pasar daerah dan adanya banyak ibu-ibu yang malas belanja ke pasar, hal ini bisa menjadi peluang bagus untuk memulai bisnis sayuran. Anda bisa menyediakan keperluan ibu rumah ta

Cara Memotong Daging Sukiyaki Yang Benar

Hal apa yang pertama melintas dalam benak Anda saat mendengar kata daging? Apa Anda memikirkan sebuah mangkuk yang terisi penuh daging ditambah rempah-rempah lezat di atasnya, atau memikirkan tentang sebuah sajian khas dari kota Padang, atau Anda malah memikirkan tentang makanan daging dengan tekstur keras dan cukup sulit untuk dikunyah? Saat ini terdapat banyak penjual makanan siap saji yang menawarkan banyak varian hidangan yang diolah dari daging. Umumnya mereka memakai bermacam-macam varian daging, seperti: daging sukiyaki, daging kambing, daging ayam, ataupun daging sapi. Memasak masakan berjenis daging memang masuk kategori sederhana. Walaupun demikian, Anda sebaiknya tidak sembarangan dalam mengolah daging. Banyak hal yang harus dipersiapkan, seperti: cara pemilihan bagian daging, cara pemotongan daging, cara pembumbuan daging, hingga cara menyajikan daging. Kesemua hal di atas amat diperlukan dalam membuat daging. Apalagi mengenai hal pemotongan daging, dikarenakan