Skip to main content

Analisa Serta Tips Menjalankan Bisnis Dagang Bumbu Dapur

Apakah Anda memikirkan untuk berbisnis bumbu dapur yang telah dikemas?

Hal ini merupakan peluang bisnis yang masih sedikit digarap dan juga merupakan peluang usaha yang sangat luas, terlebih lagi bagi kota-kota metropolitan seperti halnya Surabaya, yang mana banyak sekali masyarakat mudanya bergelut dengan pekerjaan dan tidak memiliki banyak waktu yang digunakan untuk memasak atau bahkan tidak bisa memasak. Menggunakan bumbu dapur racikan ini akan amat sangat membantu mereka untuk memasak masakan yang tidak pernah sama sekali mereka buat sekalipun.

Kesempatan Bisnis Bumbu Dapur Racik
Lalu bagaimana cara untuk menjalankan peluang usaha tersebut? Sebenarnya saya juga belum terlalu mengerti terkait masakan. Meski demikian apabila Anda memang ingin menjalani peluang usaha ini, Anda harus menerapkan strategi yang baik.

Apabila Anda tidak mampu memasak, Anda bisa mencari orang yang mungkin mampu menciptakan paling tidak tujuh sampai sepuluh macam bumbu masakan yang sering kali digunakan orang-orang, atau bisa jadi yang tidak begitu sering di konsumsi masyarakat sekitar Anda, misalnya masakan khas daerah tertentu. Namun jika Anda bisa memasak sendiri bumbu tadi, maka hal itu lebih baik, cukup coba dan coba lagi saja

Jika Anda telah memiliki orang untuk memasak atau Anda juga dapat menciptakan sendiri bumbu dapur racikan ini, maka kesempatan bisnis ini tinggal melangkah ke strategi marketingnya. Marketing yang paling baik adalah dengan menggunakan kenalan di dekat Anda dahulu untuk percobaan produk bumbu dapur racikan Anda sebelum di jual di pasar yang sesungguhnya, teliti bagaimana respon mereka kepada bumbu dapur racikan Anda. Jika dirasakan cukup baik reaksi yang di dapat, maka Anda dapat mencoba menawarkannya ke orang luar. Pada dasarnya ada beberapa cara marketing usaha bumbu dapur ini yang bisa Anda lakukan, berikut diantaranya:

1. Menjual Produk di Pasar Tradisional Tempat Kita Tinggal.
Peluang usaha UKM kecil ini bisa di jual di depan pasar traditional di sekitar Anda, dana yang di gunakan untuk biaya tempat akan lebih sedikit. Anda tidaklah perlu mengontrak sebuah kios, cukup siapkan beberapa meja atau berbagai peralatan sederhana karena bumbu sudah Anda racik dari awal. Target pasar Anda lumayan besar karena pada dasarnya masyarakat pergi ke pasar adalah untuk berbelanja bahan untuk memasak, meski demikian kualitas dan harga yang Anda tawarkan harus bisa bersaing.

Baca juga  Peluang Usaha Produksi Etalase Kue Kering
2. Menjual Produk di Sekitaran Toko Swalayan.
Di sebrang Minimarket seperti indomaret atau alfamart dan sejenis nya. kesempatan bisnis seperti ini sepertinya cocok juga di tawarkan di depan minimarket, mengingat masyarakat Indonesia sudah banyak yang berbelanja kebutuhan sehari-hari mereka di sana. Maka bisa di katakan cocok jika Anda menggunakan kesempatan usaha bumbu dapur di tempat seperti ini.

3. Menjual Produk di Pasar Modern dengan Mendirikan Stand Khusus.
Di depan supermarket atau hypermarket yang berada pada pusat perbelanjaan atau mall. Umumnya dari Mall menyiapkan beberapa tempat kecil di depan hypermarket, Anda dapat menanyakan kepada pengurus mall tersebut. Modal yang di gunakan akan cukup besar untuk menyewa stand, tapi Anda bisa mengakalinya dengan cara memainkan harga jual bumbu dapur buatan Anda.

4. Menjual Produk di Kawasan Pemukiman.
Monopoli pasar sebuah lokasi seperti daerah perumahan di sekitar Anda. Gunakan brosur untuk sarana promosi, Anda cukup mengirimkannya apabila terdapat orang yang memesan.

5. Menjual Produk Secara Online.
Berjualan dengan cara online baik dengan lewat blog maupun social media networking. Sarat utama untuk pasarkan secara online itu adalah Anda haruslah dapat mengakali ketahanan barang Anda agar bisa bertahan pada tenggat waktu yang lama karena proses pengiriman membutuhkan waktu.

Sumber : https://ramesia.com/usaha-dagang-bumbu/

Bisnis Makanan Ringan yang Menjanjikan untuk Anda

Membuka suatu usaha tidak selalu membutuhkan modal besar. Misalnya usaha di bidang makanan ringan yang bisa Anda mulai dengan modal ratusan ribu saja. Anda juga tidak perlu menyewa ruko dan membeli perlengkapan industri khusus. Menariknya adalah untung dari bisnis makanan ringan ternyata menggiurkan.

Meskipun bukan makanan pokok, tak sedikit orang yang menyukai makanan ringan. Biasanya makanan ringan dijadikan oleh-oleh atau dikonsumsi saat bersantai. Agar bisnis makanan ringan Anda sukses, Anda perlu memiliki jaringan pemasaran yang lumayan luas dan menjualnya dengan harga terjangkau.

bisnis makanan ringan

Rempeyek Kacang
Camilan ini termasuk yang paling digemari masyarakat Indonesia karena mempunyai citarasa gurih dan tekstur garing. Rempeyek kacang kerap dimakan sebagai pengganti kerupuk. Umumnya rempeyek kacang dijual di warung makan, restoran dan kantin.

Proses pembuatan rempeyek kacang juga tidak tergolong rumit. Selain itu, bahan-bahan rempeyek kacang juga dapat Anda peroleh di pasar maupun tukang sayur. Peralatan untuk membuat rempeyek kacang pun cukup sederhana. Inilah mengapa bisnis makanan ringan berupa rempeyek kacang dapat Anda kerjakan di rumah Anda sendiri.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat bumbu halus dari ketumbar, kemiri, kencur, bawang putih dan garam. Lalu, campur tepung beras, santan, irisan daun jeruk purut, kuning telur, kacang tanah dengan air dan bumbu halus.

Langkah selanjutnya yaitu goreng adonan sampai warnanya berubah kuning kecoklatan. Tiriskan rempeyek kacang supaya kerenyahannya tetap terjaga. Kemudian masukkan rempeyek kacang buatan Anda di dalam kemasan plastik.

Analisis Usaha
santan kelapa                                              Rp4.000,00
¼ kilogram tepung beras                             Rp4.000,00
1 butir telur                                                  Rp2.000,00
6 butir bawang putih                                    Rp1.000,00
¼ kilogram kacang tanah                            Rp7.000,00
6 lembar daun jeruk                                    Rp1.000,00
1 liter minyak goreng                                  Rp15.000,00
garam                                                         Rp2.000,00
5 butir kemiri                                              Rp1.000,00
1 ruas kencur                                             Rp1.000,00
1 bungkus ketumbar                                  Rp1.000,00
plastik                                                        Rp10.000,00
Total                                                                     Rp49.000,00

Harga Jual Rp4.000,00 x 30                                Rp120.000,00

Keuntungan = Penjualan – Total Modal = Rp120.000,00 – Rp49.000,00 = Rp71.000,00

bisnis makanan ringan
Singkong Keju
Dahulu singkong sering diidentikkan sebagai makanan orang desa. Padahal, singkong bisa dikreasikan menjadi camilan yang lezat, kekinian dan bernilai jual cukup tinggi. Dengan tambahan parutan keju, singkong akan semakin dilirik oleh konsumen.

Singkong keju memiliki bagian dalam yang empuk dan lumer. Sementara itu, di bagian luarnya merekah dan terasa renyah. Perpaduan inilah yang membuat singkong keju selalu ludes diburu para penggemarnya.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar rasa singkong keju Anda enak dan memanjakan lidah konsumen. Pertama, Anda disarankan tidak memilih singkong yang telah lama dicabut dan ujungnya kebiruan. Kedua, jangan potong singkong dengan ukuran kecil karena singkong akan mudah hancur.

Cara membuat singkong keju adalah kupas dan cuci singkong sampai bersih. Setelah itu, potong singkong dalam ukuran agak besar dan kukus hingga empuk. Angkat kukusan dan rendam singkong di dalam wadah berisi air es yang telah diberi bumbu halus berupa bawang putih dan garam.

Waktu perendaman berlangsung selama 1 jam. Langkah berikutnya ialah menggoreng singkong memakai minyak banyak sampai warnanya kuning keemasan. Terakhir, taburkan keju parut di bagian atas singkong.

Analisis Usaha Bisnis Makanan Ringan
1 kilogram singkong                              Rp2.000,00
bawang putih                                        Rp1.000,00
keju parut                                             Rp15.000,00
garam                                                  Rp1.000,00
Baca juga  Cara Memulai Bisnis Makanan Beku yang Menggiurkan
Total                                                               Rp19.000,00

Harga Jual Rp1.500,00 x 30                          Rp45.000,00

Keuntungan = Penjualan – Total Modal = Rp45.000,00 – Rp19.000,00 = Rp26.000,00

bisnis makanan ringan

Bolu Ngakak
Nama camilan ini begitu unik ya. Bagi Anda yang belum tahu, bolu ngakak adalah bolu kukus yang terlihat sangat mekar. Bentuknya persis orang yang tertawa terpingkal-pingkal. Berbagai kalangan usia senang menyantap bolu ngakak karena rasa manisnya yang pas dan lumer di mulut.

Jika dibandingkan dengan brownies atau kue lainnya, bolu ngakak paling mudah dibuat. Kelebihan bolu ngakak lainnnya adalah proses pembuatannya tidak memakan waktu yang lama. Bahkan, adonan bolu ngakak juga bisa Anda aduk menggunakan kocokan tangan.

Meskipun termasuk kue tradisional, bolu ngakak tidak pernah lekang oleh zaman. Dari waktu ke waktu, bolu ngakak selalu ramai akan peminat. Supaya bolu ngakak buatan Anda semakin laris manis, tidak ada salahnya membuatnya menjadi beraneka motif misalnya zebra, pelangi dan semangka.

Agar bolu ngakak Anda merekah sempurna, kocok guladengan telur sampai mengembang dan gunakan api yang agak besar. Untuk tempat pemasaran, Anda dapat menjualnya di pasar, warung, rumah makan, kantin dan toko.

Analisis Usaha
¼ kilogram terigu                    Rp2.500,00
¼ kilogram gula pasir             Rp4.000,00
2 telur                                     Rp4.000,00
1 botol sprite                          Rp1.500,00
pewarna makanan                 Rp3.000,00
cup                                        Rp5.000,00
SP                                         Rp4.000,00
Total                                                Rp24.000,00

Harga Jual Rp1.000,00 x 40          Rp40.000,00

Keuntungan = Penjualan – Total Modal = Rp40.000,00 – Rp24.000,00 = Rp16.000,00

Comments

Popular posts from this blog

Mengetahui Berbagai Manfaat Kopi Arab Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat kopi arab ternyata mempunyai sejumlah kandungan zat gizi yang baik bagi tubuh, bahkan diklaim jadi salah satu obat untuk kanker. Apakah benar? Ekstrak biji kopi tersebutlah yang diproses menjadi bubuk kopi yang kadang Anda minum. Biasanya kopi menjadi pelengkap dikala mengawali kegiatan dipagi hari. Hidangan berwarna hitam pekat ini memberikan cita rasa yang unik, tidak heran banyak sekali orang yang memilihnya menjadi minuman favorit. Di Indonesia sendiri terdapat di daerah-daerah tertentu, meminum kopi dijadikan sebuah tradisi yang unik. Perlu untuk diketahui, kebiasaan meminum kopi diselingi makan bisa berdampak baik bagi kesehatan. Beberapa manfaat kopi arab untuk tubuh adalah sebagai berikut. Riboflavin (Vitamin B2): 11% dari AKG. Asam pantotenat (vitamin B5): 6% dari AKG. Mangan dan Kalium: 3% dari AKG. Magnesium dan Niacin (B3): 2% dari AKG. Manfaat Kopi Arab Bagi Kesehatan Banyak masyarakat yang tergila-gila kenikmatan secangkir kopi, namun dibalik nikmatnya

Bisnis Sayuran, Tampak Sederhana

Sayur Mayur menjadi kebutuhan untuk menunjang kelangsungan hidup setiap keluarga. Sayuran digunakan untuk bahan masakan hampir setiap hari. Sayur Mayur memang telah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat di Indonesia dan permintaan pasar akan sayuran sangat tinggi setiap harinya. Sayuran memiliki banyak jenis dan sangat nikmat apabila diolah menjadi masakan pada saat makan. Sayur Mayur memiliki banyak sekali kandungan gizi dan tentunya baik untuk kesehatan tubuh. Alasan inilah yang membuat permintaan akan sayur mayur semakin meningkat. Tentunya sudah terlihat apabila peluang bisnis sayuran ini sangat bagus untuk dijalankan, melihat banyaknya permintaan sayur mayur. Bisnis sayur mayur ini pun bisa menjadi bisnis sampingan dengan menggunakan modal kecil dalam memulainya. Jika tempat Anda letaknya jauh dari pasar daerah dan adanya banyak ibu-ibu yang malas belanja ke pasar, hal ini bisa menjadi peluang bagus untuk memulai bisnis sayuran. Anda bisa menyediakan keperluan ibu rumah ta

Peluang Bisnis Roti Sobek

Bisnis roti sobek semacam ini juga bisa dijalankan di berbagai wilayah karena target pasarnya yang cukup luas tentunya pembaca semua pernah memperhatikan di toko pinggir jalan roti macam ini dijajakan dengan beraneka ragam rasa seperti coklat, susu, moca dan lain sebagainya. Roti dijajakan dengan harga bermacam-macam mulai dari 1000 hingga 10 ribuan tergantung ukuran dan jenisnya. Itulah salah satu hasil dari produk usaha roti kelas ukm ini, biasanya penjual memasarkan rotinya dengan sistim titip jual, setiap hari akan ada orang yang bertugas datang untuk mengontrol jumlah roti yang laku terjual di hari sebelumnya bersamaan dengan itu mereka juga mengisi kembali apabila stok roti di warungnya mulai berkurang. Jangkauan penjualannya tergantung dari skala besarnya usaha pembuatan roti yang dijalankan, jika daya produksi rotinya masih terbatas biasanya lingkup penjualannya cuma disekitar tempat pembuatannya, armada yang digunakan untuk berjualan pun cukup memakai kendaraan roda dua se