Skip to main content

Rahasia Kesuksesan Bisnis Supplier Restoran

Bila Anda memiliki kegemaran dalam hal masak memasak, maka hal tersebut dapat saja Anda kembangkan menjadi hobi yang menghasilkan rupiah. Entah itu penghasilan kecil yang dapat menolong ekonomi keluarga Anda dalam bentuk kebutuhan primer atau bahkan dengan penghasilan yang besar yang bisa mencukupi segala kebutuhan sekunder semisal, sepeda motor, mobil dan lain-lain. Dan salah satu usaha yang dapat memanfaatkan hobi Anda adalah membuka usaha restoran atau rumah makan.

Usaha restoran atau rumah makan memang menguntungkan dan sangat menjanjikan, karena setiap orang pasti membutuhkan makanan bukan? jadi dapat Anda bayangkan jika makanan yang Anda buat di sukai oleh konsumen Anda.

Tantangan dalam usaha restoran atau rumah makan adalah bagaimana makanan yang Anda tawarkan bisa laku dan disukai oleh pembeli. Disinilah Anda wajib memutar otak untuk membuat inovasi dan juga membutuhkan kreatifitas yang tinggi agar bisnis restoran atau rumah makan yang Anda jalani menjadi restoran yang terenak dan yang paling populer di wilayah Anda.

Banyak sekali restoran atau rumah makan yang bermunculan di Indonesia, mulai yang baru skala kecil sampai yang berskala besar. Banyak restoran yang dijalankan di kota tertentu sampai meraih kesuksesan, seperti membuka restoran di daerah Surabaya. Ada juga restoran yang sukses dan berkembang yang dijalankan oleh para artis atau tokoh ternama di Indonesia, contohnya seperti restoran Vidi Aldiano.

Usaha restoran juga bisa meraih kesuksesan karena menu yang dijual sesuai dengan target pembelinya, yakni pecinta menu makanan tersebut, seperti restoran sea food.

1. Menu Masakan
Menu makanan adalah salah satu yang hal terpenting dalam suatu bisnis restoran, karena menu ini yang akan menentukan berhasil tidaknya suatu bisnis restoran. Jadi bila Anda ingin membuka sebuah bisnis restoran, maka lebih baik Anda pikirkan menu masakan apa yang kira-kira terlaris dan terpopuler di daerah Anda. Anda juga dapat memilih menu masakan yang tak ada di kota Anda, sehingga restoran Anda akan menjadi satu-satunya dan terlihat paling langka.

2. Persiapan Bahan Baku
Bahan baku dapat didapatkan dengan bekerja sama dengan supplier sayur-mayur dan sembako atau dapat langsung berbelanja ke pasar tradisional ataupun modern. Anda perlu memastikan kualitasnya bagus karena akan memberi pengaruh terhadap rasa masakan.

3. Survey Pasar
Untuk bisa mengetahui keperluan pelanggan, survey pasar harus dilakukan. Survey yang dilakukan antara lain harga pasaran, pesaing terdekat, dan lain sebagainya. Dengan demikian, Anda akan memiliki gambaran dan perbandingan untuk merencanakan model usaha Anda.

4. Ciri Khas
Sebuah restoran juga perlu memilki ciri khas supaya sang konsumen tidak kesulitan untuk menemukannya dan juga membuat daya tarik tersendiri bagi konsumen. Contohnya Anda bisa menggunakan nama unik, tempat yang unik atau rasa yang unik pada masakan yang Anda tawarkan.

5. Lokasi Restoran
Lokasi adalah salah satu hal penentu kesuksesan suatu usaha restoran. Jadi jika Anda mau membuka sebuah usaha restoran lebih baik Anda pikirkan lokasi yang tepat dan strategis untuk usaha Anda. Yang jelas pilih lokasi yang ramai pembeli. Dengan berlokasi di tempat yang ramai maka kemungkinan besar restoran Anda juga akan ramai.

6. Pelayanan
Pelayanan juga salah satu faktor paling penting dalam keberhasilan suatu bisnis restoran, sebab percuma saja bila pembeli ramai tapi pelayanannya tidak memuaskan. Hal ini akan bisa menyebabkan restoran Anda sepi dan akhirnya gulung tikar.

Jadi bila Anda mau berhasil dalam menjalankan usaha restoran, sebaiknya Anda memberikan pelayanan yang bagus kepada pelanggan Anda. Supaya pembeli dapat merasa nyaman dan betah untuk berlama-lama di restoran Anda, coba sediakan free WiFi atau pelayanan lain bila budget Anda mencukupi.

Sumber : https://ramesia.com/bisnis-supplier-restoran/
https://ramesia.com/

Bagiamana Cara Membuat Tepung Daun Singkong yang Murah dan Mudah?


Ketika Anda akan membuat makanan, maka hal pertama yang mesti Anda ketahui adalah bahan dasar berupa apa yang mesti Anda pakai. Jika Anda akan membuat bubur ayam pasti Anda akan terbayang bahan dasar berupa beras. Apakah itu beras putih atau beras merah tergantung bubur ayam apa yang akan Anda buat.

Apabila Anda mau membuat kue donat untuk keperluan usaha misalnya, maka segera teringat bahwa bahannya adalah tepung terigu. Tetapi Anda tidak bisa sembarangan asal membeli tepung, karena tepung itu ada beberapa jenis.

Untuk setiap jenis tepung memiliki fungsi tertentu dan akan lebih maksimal untuk bahan dasar makanan tertentu. Terdapat juga tepung yang hanya digunakan sebagai pakan hewan peliharaan atau pupuk aneka tanaman.

Menurut bapak Djoni Wibowo (2012), Tepung merupakan partikel padat yang berbentuk serbuk-serbuk halus malahan sangat halus tergantung pada pemakaiannya. Tepung umumnya dipakai untuk bahan baku sektor industri, keperluan riset, ataupun digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, misalnya membuat kue atau roti.

Untuk menilai bobot bahan baku tepung dengan teliti memang mesti dilakukan beberapa percobaan di laboratorium. Sebagai acuan Anda dapat menilai kualitas bahan dasar tepung yang akan dipakai dengan memotong atau memegangnya.

Tahapan pertama yang harus dikerjakan untuk membuat tepung yaitu membersihkan bahan dasar tepungnya. Pastikan bahan baku tepung tidak mengandung racun yang membahayakan. Bahan baku tepung dapat direndam dengan air yang bersih terlebih dahulu barulah dikeringkan di bawah terik matahari.

Waktu yang dibutuhkan untuk perendaman dapat menyesuaikan dengan keperluan bahan baku. Jika proses perendaman bahan dasar tepung memerlukan periode yang lama, maka air yang digunakan harus diganti per 12 jam sekali.

Bahan dasar tepung dijemur hingga benar-benar kering dengan kadar air harus kurang dari 10%. Setelah dijemur, tahapan berikutnya yaitu tahap penggilingan bahan baku tepung.

Comments

Popular posts from this blog

Mengetahui Berbagai Manfaat Kopi Arab Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat kopi arab ternyata mempunyai sejumlah kandungan zat gizi yang baik bagi tubuh, bahkan diklaim jadi salah satu obat untuk kanker. Apakah benar? Ekstrak biji kopi tersebutlah yang diproses menjadi bubuk kopi yang kadang Anda minum. Biasanya kopi menjadi pelengkap dikala mengawali kegiatan dipagi hari. Hidangan berwarna hitam pekat ini memberikan cita rasa yang unik, tidak heran banyak sekali orang yang memilihnya menjadi minuman favorit. Di Indonesia sendiri terdapat di daerah-daerah tertentu, meminum kopi dijadikan sebuah tradisi yang unik. Perlu untuk diketahui, kebiasaan meminum kopi diselingi makan bisa berdampak baik bagi kesehatan. Beberapa manfaat kopi arab untuk tubuh adalah sebagai berikut. Riboflavin (Vitamin B2): 11% dari AKG. Asam pantotenat (vitamin B5): 6% dari AKG. Mangan dan Kalium: 3% dari AKG. Magnesium dan Niacin (B3): 2% dari AKG. Manfaat Kopi Arab Bagi Kesehatan Banyak masyarakat yang tergila-gila kenikmatan secangkir kopi, namun dibalik nikmatnya

Bisnis Sayuran, Tampak Sederhana

Sayur Mayur menjadi kebutuhan untuk menunjang kelangsungan hidup setiap keluarga. Sayuran digunakan untuk bahan masakan hampir setiap hari. Sayur Mayur memang telah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat di Indonesia dan permintaan pasar akan sayuran sangat tinggi setiap harinya. Sayuran memiliki banyak jenis dan sangat nikmat apabila diolah menjadi masakan pada saat makan. Sayur Mayur memiliki banyak sekali kandungan gizi dan tentunya baik untuk kesehatan tubuh. Alasan inilah yang membuat permintaan akan sayur mayur semakin meningkat. Tentunya sudah terlihat apabila peluang bisnis sayuran ini sangat bagus untuk dijalankan, melihat banyaknya permintaan sayur mayur. Bisnis sayur mayur ini pun bisa menjadi bisnis sampingan dengan menggunakan modal kecil dalam memulainya. Jika tempat Anda letaknya jauh dari pasar daerah dan adanya banyak ibu-ibu yang malas belanja ke pasar, hal ini bisa menjadi peluang bagus untuk memulai bisnis sayuran. Anda bisa menyediakan keperluan ibu rumah ta

Cara Memotong Daging Sukiyaki Yang Benar

Hal apa yang pertama melintas dalam benak Anda saat mendengar kata daging? Apa Anda memikirkan sebuah mangkuk yang terisi penuh daging ditambah rempah-rempah lezat di atasnya, atau memikirkan tentang sebuah sajian khas dari kota Padang, atau Anda malah memikirkan tentang makanan daging dengan tekstur keras dan cukup sulit untuk dikunyah? Saat ini terdapat banyak penjual makanan siap saji yang menawarkan banyak varian hidangan yang diolah dari daging. Umumnya mereka memakai bermacam-macam varian daging, seperti: daging sukiyaki, daging kambing, daging ayam, ataupun daging sapi. Memasak masakan berjenis daging memang masuk kategori sederhana. Walaupun demikian, Anda sebaiknya tidak sembarangan dalam mengolah daging. Banyak hal yang harus dipersiapkan, seperti: cara pemilihan bagian daging, cara pemotongan daging, cara pembumbuan daging, hingga cara menyajikan daging. Kesemua hal di atas amat diperlukan dalam membuat daging. Apalagi mengenai hal pemotongan daging, dikarenakan